Menhan Turki, Rusia bahas isu terkini di Idlib via telepon

Kedua menteri tersebut membahas situasi terbaru di Idlib serta langkah-langkah yang akan diambil untuk mengurangi ketegangan di wilayah tersebut

Menhan Turki, Rusia bahas isu terkini di Idlib via telepon

ANKARA

Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar berbincang melalui telepon dengan Menteri Pertahanan Federasi Rusia Sergey Shoygu guna membahas isu terkini di Idlib, Suriah, lapor Kementerian Pertahanan Nasional Turki.

Kedua menteri tersebut membahas situasi terbaru di Idlib serta langkah-langkah yang akan diambil untuk mengurangi ketegangan di wilayah tersebut.

Pada perbincangan tersebut, kedua pihak bertukar pikiran soal langkah-langkah yang harus diambil untuk mengurangi ketegangan serta menciptakan keamanan regional sesuai perjanjian yang ditandatangani di Sochi.

Berdasarkan pertemuan 17 September di Sochi antara Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin, keduanya sepakat membangun zona demiliterisasi - di mana tindakan agresi dilarang secara tegas - di Idlib.

Di bawah kesepakatan itu, kelompok-kelompok oposisi di Idlib diizinkan untuk tetap menempati wilayah, sementara Rusia dan Turki mulai melakukan patroli gabungan di daerah itu untuk mencegah pertempuran kembali meletus.

Sejalan dengan kesepakatan Sochi, kelompok oposisi menarik persenjataan berat mereka dari daerah tertentu di Idlib sejak 10 Oktober.

Suriah baru saja mulai keluar dari konflik dahsyat yang dimulai pada 2011 ketika rezim Assad menindak keras para demonstran dengan keganasan yang tidak terduga.

Sejak itu, puluhan ribu orang tewas dalam konflik sementara jutaan lainnya terpaksa mengungsi.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA