Meksiko tolak intervensi AS dalam penanganan kartel narkoba

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump memberi lampu hijau untuk mendaftarkan kelompok-kelompok kriminal di Meksiko sebagai teroris

Meksiko tolak intervensi AS dalam penanganan kartel narkoba

ANKARA 

Meksiko menolak "intervensi" Amerika Serikat untuk mendaftarkan kartel narkoba Meksiko sebagai organisasi teroris.

"Senat Republik menyatakan penolakannya terhadap deklarasi presiden AS mengenai kemungkinan penunjukan organisasi kriminal Meksiko sebagai teroris," kata Senator Monica Fernandez pada Kamis.

Pernyataan itu dikeluarkan beberapa hari setelah Presiden AS Donald Trump memberi lampu hijau untuk mendaftarkan kelompok-kelompok kriminal di Meksiko sebagai teroris.

"Senat meratifikasi posisinya untuk mempertahankan kedaulatan dan persatuan nasional tanpa batas dan menolak segala upaya intervensi oleh negara lain," tegas dia.

Komunitas LeBaron, yang memisahkan diri dari Gereja Mormon dan membentuk sebuah sekte di Meksiko, mengajukan petisi ke Gedung Putih setelah tiga perempuan dan enam anak-anak dari keluarga Mormon dibunuh oleh kartel narkoba di negara bagian Sonora awal bulan ini.

Meksiko telah lama memerangi kartel narkoba dan geng kriminal yang berupaya menguasai wilayah negaranya.

Menurut Sistem Keamanan Publik Nasional, jumlah total korban kekerasan sejak Presiden Andres Manuel Lopez Obrador menjabat pada Desember 2018 hampir mencapai 20.000 jiwa.



TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA