Meksiko: Tak ada dialog di antara pemerintah dan organisasi kriminal

Pernyataan Sanchez merujuk pada komunitas yang mengorganisir kelompok-kelompok bersenjata yang disponsori oleh pemerintahan sebelumnya

Meksiko: Tak ada dialog di antara pemerintah dan organisasi kriminal

ANKARA

Meksiko mengklarifikasi komentar yang dikeluarkan oleh menteri dalam negerinya yang menyebutkan bahwa pemerintah sedang berunding dengan organisasi kriminal.

"Pernyataan Menteri Olga Sanchez Cordero disalahtafsirkan," ujar Presiden Andres Manuel Lopez Obrador dalam konferensi pada Rabu.

Menurut presiden, pernyataan Sanchez merujuk pada komunitas yang mengorganisir kelompok-kelompok bersenjata yang disponsori oleh pemerintahan sebelumnya.

"Pemerintah saat ini tidak memiliki strategi yang sama. Kami tidak mengadakan perundingan dengan anggota organisasi kejahatan," tegas Lopez Obrador seperti dilansir oleh kantor berita Kuba, Prensa Latina.

"Kami sedang berdialog dengan banyak kelompok. Mereka sudah bersedia untuk meletakkan senjata, menghentikan kekerasan, dan berjalan menuju perdamaian," kata Sanchez pada Selasa.

Meksiko telah dirundung kekerasan yang dilancarkan oleh kartel narkoba dan kelompok kriminal yang berupaya untuk menguasai wilayah.

Menurut Sistem Keamanan Publik Nasional, jumlah total korban kekerasan sejak Lopez Obrador menjabat pada Desember 2018 mendekati 20.000 jiwa. 













TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA