MA izinkan Trump tolak pencari suaka dari Amerika Tengah

Dengan putusan tersebut, pemerintah AS diizinkan untuk memblokir klaim suaka dari pemohon yang melewati negara lain untuk mencapai AS

MA izinkan Trump tolak pencari suaka dari Amerika Tengah

NEW YORK 

Mahkamah Agung memberikan lampu hijau ke pemerintahan Donald Trump untuk mengeluarkan aturan baru yang akan mempersulit migran Amerika Tengah untuk mengklaim suaka di Amerika Serikat.

Aturan tersebut diumumkan pertama kali pada Juli tetapi ditolak oleh pengadilan yang lebih rendah.

Dalam putusannya, MA mengatakan pemerintah diizinkan untuk memblokir klaim suaka dari pemohon yang melewati negara lain untuk mencapai AS.

Aturan itu juga akan mencegah imigran Amerika Tengah yang bepergian ke perbatasan selatan AS melalui Meksiko untuk mengajukan suaka di AS kecuali mereka sudah mencoba mendapatkan status itu di negara lain.

Tak lama setelah keputusan itu, Presiden AS Donald Trump memuji para hakim karena mendukung upayanya mengurangi jumlah migran dari Guatemala, Honduras, dan negara-negara lain di Amerika Latin.

Sementara itu, dua hakim pengadilan, Sonia Sotomayor dan Ruth Bader Ginsburg, mengeluh tentang keputusan mayoritas.

"Meskipun negara ini telah lama membuka pintunya bagi para pengungsi, pemerintah menerapkan aturannya tanpa terlebih dahulu memberitahukan kepada publik dan meminta masukan dari publik," ujar Sotomayor.



TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA