Liga Arab gelar pertemuan darurat soal Gaza

Sejak Minggu, setidaknya 14 warga Palestina tewas di Gaza oleh serangan udara Israel

Liga Arab gelar pertemuan darurat soal Gaza

Liga Arab mengadakan pertemuan penting pada Kamis untuk membahas agresi Israel yang terjadi baru-baru ini di Jalur Gaza yang diblokade.

Diadakan di markas besarnya di Kairo dan dihadiri oleh perwakilan tetapnya, pertemuan itu diadakan atas permintaan pimpinan Palestina.

Dalam sesi pembukaannya, para perwakilan liga mengheningkan cipta selama satu menit sebagai penghormatan kepada warga Palestina tewas oleh serangan udara dan serangan artileri Israel di Gaza.

Saeed Abu Ali, wakil sekretaris jenderal liga untuk urusan Palestina, menyerukan penghentian segera agresi Israel dan perlindungan internasional bagi rakyat Palestina.

"Dewan Keamanan PBB tampaknya tidak sanggup memikul tanggung jawabnya terkait agresi Israel di Gaza," katanya

"AS, sementara itu, terus menunjukkan biasnya terhadap Israel dan menggagalkan semua upaya untuk menentang pendudukan Israel," tambah Abu Ali.

Pertemuan tersebut diakhiri dengan pernyataan yang mengutuk kejahatan sistematis dan luas Israel terhadap penduduk sipil Palestina yang tidak bersenjata.

Pernyataan itu juga menggambarkan serangan Israel di Jalur Gaza sebagai kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Sejak Minggu, setidaknya 14 warga Palestina tewas oleh serangan udara dan artileri Israel di seluruh wilayah yang diblokade.

Seorang perwira Israel tewas - dan lainnya terluka - dalam sebuah operasi darat di Gaza pada Minggu malam.

Ketegangan terlihat sedikit berkurang pada Selasa setelah Israel dan kelompok-kelompok perlawanan yang berbasis di Gaza setuju dengan gencatan senjata yang ditengahi Mesir.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA