Lebih dari 200 aktivis lingkungan ditangkap di London

Extinction Rebellion berencana menggelar aksi protes selama dua minggu ke depan untuk mendesak pemerintah agar segera bertindak menghadapi perubahan iklim

Lebih dari 200 aktivis lingkungan ditangkap di London

LONDON

Lebih dari 200 orang ditangkap di London, Inggris, selama unjuk rasa hari pertama yang digelar oleh kelompok aktivis Extinction Rebellion.

"Penangkapan itu terjadi karena adanya dugaan mengacaukan publik," jelas Kepolisian Metropolitan London, dalam sebuah pernyataan.

Menurut kepolisian, jumlah warga yang ditangkap pada Senin malam ada sebanyak 217 orang.

Extinction Rebellion berencana menggelar aksi protes selama dua minggu ke depan untuk mendesak pemerintah agar segera bertindak menghadapi perubahan iklim.

Selama aksinya, ratusan pengunjuk rasa memblokir jalan di sekitar Millbank, Embankment, Parliament Street, Lambeth Bridge, The Mall, dan Trafalgar Square.

Unjuk rasa itu termasuk dalam aksi global untuk mendesak pemerintah masing-masing bertindak melawan perubahan iklim.

“Pemerintah Inggris menyetujui mosi untuk membuat deklarasi darurat iklim dan lingkungan pada 1 Mei namun pada akhirnya gagal #ActNow. Inilah sebabnya @XRebellionUK berunjuk rasa mulai hari ini, sementara #InternationalRebellion akan terus berlanjut”, kata kelompok tersebut via Twitter.

Sebelumnya, pada Juli, lebih dari seribu demonstran ditangkap polisi. Ratusan dari mereka diperkirakan akan mengikuti persidangan mulai pekan ini.


TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA