Kunjungi Saudi, Menlu AS bahas Iran dengan Bin Salman

Pompeo dan Bin Salman menekankan komunitas internasional harus bersatu melawan Iran dan menghentikan segala tindakan kekerasan Iran di wilayah tersebut

Kunjungi Saudi, Menlu AS bahas Iran dengan Bin Salman

WASHINGTON

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo berjumpa dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman di Riyadh guna membahas serangan terhadap fasilitas minyak Saudi Aramco.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Morgan Ortagus merilis pernyataan terkait pertemuan Pompeo dan Muhammad bin Salman.

"Menteri Pompeo dan Putra Mahkota membahas serangan terbaru Iran terhadap fasilitas minyak Saudi dan dia menekankan serangan itu tidak dapat diterima,” ungkap Ortagus dalam pernyataannya.

Menlu Pompeo dan Putera Mahkota Saudi menyatakan bahwa serangan itu tidak hanya mengancam warga Saudi, tetapi juga membahayakan warga AS di negara tersebut.

Kedua pihak sepakat bahwa serangan Iran itu telah mengancam rantai produksi minyak di negara tersebut.

Pompeo dan Bin Salman menekankan komunitas internasional harus bersatu melawan Iran dan menghentikan segala tindakan kekerasan Iran di wilayah tersebut.

Sebelum tiba di Riyadh, Menteri Luar Negeri AS Pompeo mengatakan kepada wartawan di pesawat bahwa pihaknya kembali menegaskan bahwa Iran bertanggung jawab atas penyerangan fasilitas minyak Saudi Aramco.

Pompeo menggambarkan serangan Iran itu sebagai sebuah "aksi perang".

Sementara Presiden AS Donald Trump telah memberikan isntruksi untuk peningkatan sanksi terhadap Iran.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA