Korban tewas demo Irak bertambah jadi 35 orang

Lebih dari 1.100 orang terluka dalam demonstrasi, menurut komisi HAM Irak

Korban tewas demo Irak bertambah jadi 35 orang

BAGHDAD 

Korban tewas dalam aksi protes anti-pemerintah yang berlangsung di seluruh penjuru Irak sejak awal pekan ini bertambah menjadi 35 orang.

Seorang petugas medis, yang meminta tidak disebutkan namanya karena pembatasan berbicara kepada media, mengatakan jumlah korban tewas terakhir sejak dimulainya protes mencapai 35 jiwa.

Komisi Tinggi Hak Asasi Manusia Irak pada Kamis mengatakan malam bahwa setidaknya 1.177 orang terluka dalam tiga hari terakhir.

Seorang aktivis sipil mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa Polisi Irak pada Jumat melepaskan tembakan ke arah pengunjuk rasa yang mencoba untuk melanggar jam malam di Baghdad.

Massa menuntut perbaikan kondisi kehidupan dan pemberantasan korupsi.

Para pengunjuk rasa dan aktivis sipil yang diwawancarai oleh Anadolu Agency mengatakan pemerintah telah memutus sebagian layanan internet di negara itu.

Pada Kamis, pemerintah Irak memberlakukan jam malam tanpa batas di berbagai wilayah di negara itu dalam upaya untuk meredakan protes.

Perdana Menteri Adel Abdul Mahdi mengatakan jam malam akan menjaga ketertiban umum dan melindungi pengunjuk rasa dari para penyusup.

Dia menambahkan bahwa angkatan bersenjata akan memudahkan pergerakan lembaga kemanusiaan dan pelancong ke dan dari Bandara Baghdad.

Ketua Parlemen Mohamed al-Halbousi meminta perwakilan demonstran untuk bertemu dan berbicara di majelis untuk membahas tuntutan mereka.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA