Koalisi pimpinan Saudi cegat serangan Houthi di Laut Merah

Insiden ini telah menimbulkan ancaman lebih lanjut terhadap transportasi laut dan perdagangan minyak yang melalui wilayah tersebut

Koalisi pimpinan Saudi cegat serangan Houthi di Laut Merah

RIYADH

Koalisi Arab yang dipimpin Saudi mencegat dan menghancurkan kapal bermuatan peledak milik kelompok pemberontak Houthi di selatan Laut Merah.

"Pagi ini, sistem angkatan laut koalisi menemukan upaya Houthi yang melakukan aksi permusuhan dan teror di selatan Laut Merah, menggunakan kapal yang dikendalikan dari jarak jauh," kata koalisi dalam sebuah pernyataan.

"Kapal itu berangkat dari Provinsi Al-Hudaydah [di Yaman barat]," tambah koalisi. 

Insiden ini telah menimbulkan ancaman lebih lanjut terhadap transportasi laut dan perdagangan minyak yang melalui wilayah tersebut.

Hingga saat ini pihak Houthi belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait insiden itu. 

Insiden tersebut terjadi di tengah Amerika Serikat dan Arab Saudi sedang mempertimbangkan tanggapan atas serangan ke fasilitas minyak Saudi akhir pekan lalu. 

Keduanya menuding Iran bertanggung jawab atas serangan itu. Bagaimanapun, Teheran telah membantah keterlibatannya.

Yaman dilanda kekerasan sejak 2014, ketika pemberontak Houthi mengepung sebagian besar wilayah negara itu, termasuk ibu kota, Sanaa.

Konflik memanas di tahun berikutnya, ketika Arab Saudi dan sekutunya meluncurkan kampanye udara besar-besaran untuk mengalahkan Houthi. 

*Ditulis oleh Mahmoud Barakat 

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA