KBRI Ankara pamerkan batik dan cita rasa kuliner nusantara

Indonesia bisa berperan lebih besar dalam kemajuan wisata kuliner dan fashion Turki

KBRI Ankara pamerkan batik dan cita rasa kuliner nusantara

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Turki menggelar “cooking demo” dan “batik display” untuk memeringati Hari Batik, 3 Oktober lalu di Ankara.

Cooking demo menghadirkan Chef Selebriti, Vania Wibisono yang mendemonstrasikan kemampuannya memasak rendang, opor ayam, tahu isi dan tempe orek. Sementara display batik menampilkan puluhan koleksi batik tulis dari berbagai daerah di Indonesia.

Ketua Dharma Wanita Persatuan KBRI Ankara Sinta Agathia mengatakan salah satu tujuan acara ini adalah mengenalkan kuliner Indonesia di Turki.

“Sayangnya kuliner dan fashion Asia secara umum, termasuk Indonesia, belum populer,” ujar dia, dalam siaran pers, Sabtu.

Di Ankara, hanya ada tidak lebih dari empat restoran Asia, sangat kontras dengan kemajuan kuliner dan fashion Turki.

“Kita ingin semakin banyak ambil peran dalam pertumbuhan industri kuliner dan fashion di Turki,” terang Sinta.

Sementara soal pariwisata Indonesia, sejauh ini cukup diminati warga Turki.

Prof Yesim Aytur, Guru Besar Kedokteran Universitas Ankara sudah pernah berkunjung sembilan kali ke Indonesia dan tetap ingin kembali lagi.

“Saya selalu menemukan hal baru dari tradisi Indonesia, termasuk apa yang saya lihat hari ini,” ujar dia.

Selain belajar cara memasak dan mengetahui cita rasa dari setiap bumbu yang digunakan, para peserta juga berkesempatan menikmati makan siang dengan menikmati masakan Indonesia yang disiapkan oleh Chef Vania.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA