Kanada jatuhkan sanksi ke 43 pejabat Venezuela

Menlu Kanada mengatakan semua yang dikenai sanksi adalah pejabat pemerintahan Presiden Maduro yang bertanggung jawab atas memburuknya krisis Venezuela

Kanada jatuhkan sanksi ke 43 pejabat Venezuela

TRENTON, Kanada 

Kanada mengumumkan bahwa pihaknya menjatuhkan sanksi ke 43 pejabat kunci "yang bertanggung jawab atas situasi yang memburuk di Venezuela".

Ini adalah sanksi putaran keempat yang diberikan oleh Kanada. Sebelumnya, Kanada sudah menjatuhkan sanksi ke 70 orang.

Menteri Luar Negeri Chrystia Freeland mengatakan semua yang dikenai sanksi adalah pejabat pemerintahan Presiden Nicolas Maduro.

"Selama pertemuan Grup Lima di Ottawa pada 4 Februari 2019, kami meminta komunitas internasional untuk mengambil tindakan terhadap rezim Maduro," kata Freeland dalam sebuah pernyataan.

"Hari ini, Kanada kembali meminta pertanggungjawaban ke 43 orang bertanggung jawab atas peran mereka dalam krisis Venezuela," kata dia lagi.

Maduro berkuasa sejak 2013 dan Venezuela dilanda krisis pangan dan ekonomi sejak itu.

Dia pun menuding Amerika Serikat dan sekutu regionalnya berupaya mengatur kudeta terhadapnya.

Maduro memerintahkan pasukan untuk memblokir pasokan bantuan, karena sebagian besar berasal dari AS.

Pada Jumat, usai pertemuannya dengan Komite Palang Merah Internasional di Caracas, Maduro mengumumkan kesepakatan bantuan dengan organisasi itu.

Sebuah laporan PBB yang dirilis pada Maret mengatakan sekitar seperempat rakyat Venezuela sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Menurut Freeland, sanksi baru adalah respons atas tindakan antidemokrasi rezim Maduro, khususnya yang berkaitan dengan penindasan terhadap pejabat pemerintah sementara di bawah Juan Guaido.

Guaido menyatakan dirinya sebagai presiden sementara pada Januari dan mendapat dukungan dari banyak negara dan Grup Lima, termasuk Kanada dan AS.

Grup Lima terdiri dari 12 negara di wilayah Amerika Selatan dan Kanada.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA