Jerman umumkan tambahan bantuan USD73 juta untuk Somalia

Dukungan selama dua tahun ke depan melengkapi jalan positif yang telah diambil Somalia dalam beberapa tahun terakhir, kata duta besar Jerman

Jerman umumkan tambahan bantuan USD73 juta untuk Somalia

MOGADISHU, Somalia 

Jerman mengumumkan bahwa pihaknya akan memberikan tambahan bantuan keuangan sebesar USD73 juta ke Somalia dan berjanji untuk meningkatkan hubungan bilateral.

Duta Besar Annett Gunther membuat pengumuman pada Senin saat menghadiri perayaan di Mogadishu untuk memperingati Hari Persatuan Jerman yang juga dihadiri oleh Perdana Menteri Somalia Hassan Ali Khaire.

"Untuk mendukung Somalia di jalurnya, Jerman meningkatkan dukungannya dalam kerja sama pembangunan sebesar USD73 juta selama dua tahun ke depan," kata Gunther.

Dia mengatakan bahwa peningkatan ini akan mendorong pertumbuhan inklusif, pengembangan keterampilan (melalui pendidikan dan pelatihan teknis dan kejuruan) dan infrastruktur perkotaan.

"Selain itu, Jerman terlibat dengan prioritas yang lebih tinggi dalam pembangunan pedesaan, pertanian dan pengelolaan air," ungkap Gunther.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Ketua Majelis Tinggi Abdi Hashi Abdullahi, Menteri Luar Negeri Ahmed Isse Awad dan pejabat pemerintah Somalia lainnya.

Gunther mencatat bahwa dukungan substansial oleh pemerintah Jerman menghargai kemajuan yang dibuat oleh rakyat Somalia.

"Hal ini bertujuan untuk membantu mempertahankan jalan positif yang telah diambil Somalia dalam beberapa tahun terakhir," tambah dia.

Acara yang berlangsung di Gedung Diplomatik Uni Eropa itu diselenggarakan untuk memperingati 29 tahun reunifikasi Jerman pada 3 Oktober 1990.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA