Iran sarankan warganya tak berpergian ke Irak

Kelompok Syiah dari berbagai belahan dunia mendatangi Karbala, Irak, setiap tahun untuk melakukan Longmarch peringatan Arbain

Iran sarankan warganya tak berpergian ke Irak

ISTANBUL 

Kementerian Luar Negeri Iran memperingatkan warganya untuk tidak pergi ke Irak untuk melakukan peringatan Hari Arbain Imam Husain sampai kondisi di Irak kembali normal.

Lewat pernyataan tertulis, Kementerian Luar Negeri Iran menyarankan warganya untuk menunda rencana perjalanan mereka ke acara peringatan Arbain di Irak hingga keadaan di negara tersebut tenang.

Sementara itu, perwakilan Pemimpin Agung Iran Ali Khamenei di Irak Najaf Najafi Rouhani memperingatkan kepada warga Iran yang akan pergi ke Karbala untuk upacara Arbain agar tidak tinggal di kota ini selama lebih dari satu malam.

Arbain adalah upacara mengenang hari ke-40 pasca kesyahidan cucu Nabi Muhammad, Husain yang digelar pada tanggal 20 Shafar tahun Hijriah tiap tahunnya.

Hari peringatan Arbain tersebut menjadi salah satu libur resmi yang ditetapkan di Iran.

Kelompok Syiah dari berbagai belahan dunia mendatangi Karbala, Irak setiap tahunnya untuk melakukan Longmarch peringatan Arbain.

Upacara Arbain tahun ini akan digelar pada hari Sabtu, tanggal 19 Oktober depan.

Menurut Organisasi Hak Asasi Manusia Irak, setidaknya 19 orang tewas dalam demonstrasi anti-pemerintah di Baghdad dan kota-kota selatan Irak sejak 1 Oktober kemarin.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA