Iran dukung perjanjian Turki-Rusia tentang Suriah

Iran menyambut baik kesepakatan Turki dan Rusia di Sochi tentang Suriah

Iran dukung perjanjian Turki-Rusia tentang Suriah

ISTANBUL

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Abbas Mousavi pada Rabu mengungkapkan negaranya mengapresiasikan kesepakatan antara Turki dan Rusia di Sochi tentang Suriah.

Dalam pernyataan tertulis dari Kemlu Iran terkait kesepakatan antara Turki dan Rusia, Mousavi mengatakan negaranya menyambut baik setiap upaya untuk memperkuat integritas teritorial, melindungi kedaulatan serta menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan itu.

“Kami menganggap kesepakatan yang dicapai antara Turki dan Rusia itu berusaha untuk mengakhiri konflik di Suriah utara dan jadi langkah positif dalam pembentukan stabilitas dan perdamaian di sana," tutur dia.

Mousavi mengungkapkan pihaknya berharap perjanjian itu dapat menghilangkan kekhawatiran Turki, menyelesaikan masalah integritas teritorial dan memperkuat kedaulatan nasional Suriah.

Penarikan pasukan AS dari wilayah tersebut juga akan berkontribusi pada keamanan dan kedamaian wilayah tersebut, lanjut dia.

"Komite Pembentukan Konstitusi yang akan menjamin perdamaian dan keamanan di Suriah sesuai proses Astana dalam waktu dekat akan segera diluncurkan," ungkap Mousavi.

Presiden Recep Tayyip Erdo?an dan Presiden Federasi Rusia Vladimir Putin mencapai kesepakatan mengenai 10 poin terkait masalah di Suriah utara dalam pertemuan di Sochi, Rusia, Selasa kemarin.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA