Irak: Perlu ada penyelidikan soal kekerasan selama aksi protes

Presiden dan Ketua Parlemen Irak menekankan pentingnya menjaga keamanan publik dengan menggelar investigasi terhadap para demonstran dan aparat keamanan

Irak: Perlu ada penyelidikan soal kekerasan selama aksi protes

BAGHDAD 

Pemerintah Irak menekankan perlunya menggelar investigasi terkait kekerasan yang dilakukan aparat keamanan dalam penanganan demonstrasi.

Selain itu pemerintah juga akan menyelidiki aksi kekerasan yang dilakukan oknum tertentu selama aksi demonstrasi sejak awal bulan ini.

Presiden Irak Barham Salih melakukan pertemuan dengan Ketua Parlemen Irak Muhammad al-Halbusi dan Kepala Dewan Pengadilan Tinggi Irak Faik Zidan di ibu kota Baghdad, ungkap pernyataan dari Kantor Pers Kepresidenan.

Ketiganya membahas perkembangan terakhir di negara itu dalam pertemuan tersebut.

Presiden Salih dan Ketua Parlemen al-Halbusi menekankan pentingnya menjaga keamanan publik dengan menggelar investigasi terhadap para demonstran dan aparat keamanan.

Pertemuan itu juga membahas perlunya mengambil langkah-langkah yang cepat dalam memerangi korupsi dan memperkuat proses peradilan melawan korupsi.

Ketiga perwakilan otoritas Irak itu membahas perlunya menggelar penyelidikan terhadap pihak yang tak bertanggungjawab yang menyerang beberapa saluran TV.

Mereka menekankan media dan kebebasan berekspresi di negara mereka dilindungi oleh konstitusi.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA