Irak minta maaf terkait pembakaran kantor konjen Iran di Najaf

Pemerintah Irak menegaskan kembali komitmennya untuk melindungi para diplomat Iran dan misi-misi diplomatik asing lainnya

Irak minta maaf terkait pembakaran kantor konjen Iran di Najaf

TEHERAN 

Menteri Luar Negeri Irak Muhammad Ali al-Hakim meminta maaf kepada pemerintah Teheran atas pembakaran gedung Konsulat Jenderal Iran oleh para demosntran di kota Najaf.

Pernyataan tertulis dari Kementerian Luar Negeri Iran menyebut Menlu Iran Mohammad Javad Zarif melakukan percakapan via telepon dengan rekannya dari Irak, al-Hakim.

Dalam pertemuan itu, pemerintah Irak menegaskan kembali komitmennya untuk melindungi para diplomat Iran dan misi-misi diplomatik asing lainnya.

Ratusan demonstran Irak membakar Konsulat Jenderal Iran di Najaf kemarin, peristiwa itu mendorong pemerintah memberlakukan jam malam di kota itu.

Sejak awal bulan lalu, Irak telah didera gelombang protes terhadap kebijakan pemerintah yang menurut para pengunjuk rasa gagal memperbaiki kondisi kehidupan dan mengakhiri praktik korupsi.

Tuntutan demonstran kemudian berkembang menjadi tuntutan pembubaran pemerintahan Perdana Menteri Adel Abdul-Mahdi.

Menurut Komisi Tinggi Hak Asasi Manusia Irak, setidaknya 325 warga Irak telah terbunuh dan 15.000 telah terluka sejak aksi protes dimulai pada 1 Oktober.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA