Indonesia peringati HUT di Gedung Senat AS

Lebih dari 300 undangan hadir, termasuk dari perwakilan Pemerintah AS

Indonesia peringati HUT di Gedung Senat AS

Lebih dari 300 undangan hadir dalam resepsi peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI sekaligus perayaan 70 tahun hubungan diplomatik RI-AS yang jatuh pada tahun ini di Gedung Senat, Amerika Serikat.

Dalam keterangannya, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington ini pertama kalinya HUT RI digelar di Gedung Senat AS.

Ini merupakan momentum bersejarah karena biasanya peringatan HUT RI digelar di Wisma Indonesia.

“Di tempat bersejarah ini, bertepatan dengan 70 tahun perayaan hubungan bilateral RI-AS, saya ingin mengingatkan kontribusi paling penting dari AS, yaitu dukungannya terhadap Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan melalui pengakuan internasional,” ujar Duta Besar RI Mahendra Siregar dalam siaran persnya, pada Sabtu.

Dalam resepsi itu, hadir Duta Besar dari negara-negara ASEAN dan sejumlah negara sahabat, juga perwakilan Pemerintah AS.

Beberapa wajah yang muncul dalam perayaan itu adalah Negeri AS Marie Royce, Asisten Sekretaris Pertahanan untuk Urusan Keamanan Indo-Pasifik AS Randall G. Schriver dan Senator Tammy Duckworth sekaligus anggota Senate Armed Services Committee.

Mahendra melanjutkan jika banyak diplomat dan juru runding AS terlibat dalam dalam Komite Jasa Baik untuk Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Komite Tiga Negara yang dibentuk oleh PBB.

Selepas 74 tahun merdeka, lanjut Mahendra, Indonesia mengalami banyak kemajuan dalam bidang politik sebagai negara demokrasi presidensial terbesar di dunia.

Indonesia, imbuh Mahendra, juga tumbuh menjadi masyarakat yang majemuk dan toleran.

Saat ini, kata Mahendra, Indonesia tengah berkomitmen untuk memperkuat ekonomi, pembangunan sumber daya manusia, investasi infrastruktur dan pemerintahan yang baik.

Asisten Sekretaris Negara untuk Urusan Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Luar Negeri AS, Marie Royce, menekankan pentingnya upaya untuk terus mengembangkan kemitraan AS, terutama di bidang program pertukaran pendidikan, profesional, budaya, dan olahraga.

Saat ini, ujar Marie, ada lebih dari 10.000 orang Indonesia yang berpartisipasi dalam program pertukaran pelajar RI-AS.

“Sebagai bagian dari perayaan 70 tahun hubungan pertukaran berbagai ide antara Indonesia dan AS, Kedubes AS di Jakarta menyediakan 70 beasiswa jenjang master melalui Fulbright”, kata Marie Royce.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA