Hatice Cengiz tuntut penyelesaian investigasi pembunuhan Jamal Khashoggi

"Sudah satu tahun sejak pembunuhan itu terjadi tetapi hingga saat ini tidak ada proses hukum bagi para pelakunya," ujar tunangan jurnalis Washington Post itu

Hatice Cengiz tuntut penyelesaian investigasi pembunuhan Jamal Khashoggi

PARIS 

Tunangan Jamal Khashoggi mengkritik proses penyelidikan pembunuhan brutal tunangannya, Jamal Khashoggi, di Konsulat Saudi di Istanbul tahun lalu.

"Sudah satu tahun sejak pembunuhan itu terjadi tetapi hingga saat ini tidak ada proses hukum bagi para pelakunya," tutur Hatice Cengiz kepada Anadolu Agency.

"Situasi ini sangat memalukan, terutama untuk para jurnalis," kata dia lagi.

Pada Oktober 2018, setelah memasuki konsulat untuk mendapatkan akta nikah, Khashoggi dibunuh kemudian dimutilasi oleh sekelompok anggota organisasi independen.

Meskipun awalnya membantah keterlibatan kerajaan dalam kaus ini, Arab Saudi akhirnya mengakui bahwa Khashoggi, kolumnis Saudi untuk Washington Post, dibunuh di konsulat, tetapi mengklaim bahwa keluarga kerajaan tak tahu-menahu soal rencana pembunuhan itu.

Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman baru-baru ini mengakui turut bertanggung jawab karena pembunuhan itu terjadi di bawah pemerintahannya, meskipun dia membantah telah menginstruksikannya.

Cengiz pun mendesak agar Arab Saudi belum dihukum karena pembunuhan itu. Menurut dia, Eropa juga masih bungkam soal pembunuhan Khashoggi.

"Negara-negara Eropa tidak mengambil sikap politik ataupun sanksi selain kecaman verbal yang dikeluarkan di hari-hari pertama pascainsiden itu," ujar tunangan Khashoggi.

Cengiz menekankan bahwa penyelidikan internasional harus dilakukan dan langkah-langkah yang lebih serius harus diambil untuk mengusut pembunuhan tersebut.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA