Hamas ucapkan selamat kepada Erdogan atas sukses pemilu

Kelompok perlawanan Palestina menginginkan masa depan yang sejahtera bagi Turki

Hamas ucapkan selamat kepada Erdogan atas sukses pemilu

ANKARA

Fraksi perlawanan yang bermarkas di Gaza, Hamas, memberi selamat kepada presiden Turki, Senin, atas kemenangan partainya dalam pemilihan lokal.

"Hamas memberi selamat kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan rakyat Turki atas keberhasilan pemilihan kota [mereka], yang menarik banyak pemilih dan mencerminkan betapa beradabnya rakyat Turki. Mereka, memang, menunjukkan contoh yang baik dari proses demokrasi," katanya di situs webnya.

Mereka juga memberi selamat kepada partai Keadilan dan Pembangunan (AK) atas kemenangan pemilihan lokal mereka.

Selain itu, Hamas berharap Turki masa depan kemakmuran.

Jutaan orang Turki memberikan suara mereka secara nasional hari Minggu untuk memilih walikota, anggota dewan kota, mukhtars (pejabat lingkungan) dan anggota dewan penatua untuk lima tahun ke depan.

Partai AK Turki memimpin di 16 kota metropolitan (kota besar), dengan 24 kota diklaim oleh kandidat Partai AK, menurut hasil tidak resmi.

Pada hari Minggu, Aliansi Rakyat (Cumhur Ittifaki) mengumpulkan mayoritas suara, atau 51,62 persen, melawan saingan mereka, Aliansi Bangsa (Millet Ittifaki).

Aliansi Rakyat terdiri dari Partai Keadilan dan Pembangunan (Partai AK) dan Partai Gerakan Nasionalis (MHP), yang bergabung untuk memenangkan pemilihan.

Oposisi mereka telah membentuk Aliansi Bangsa, yang menyatukan Partai Rakyat Republik (CHP), Partai Baik dan Partai Felicity untuk bersama-sama mendukung kandidat satu sama lain untuk pemilihan lokal 31 Maret, dan partai itu menerima 37,56 persen suara di seluruh Turki.

Jumlah pemilih dalam pemilihan lokal hari Minggu adalah 84,67 persen dengan 48,3 juta suara.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA