‘Haftar bertanggung jawab atas peningkatan aksi teror’

Ketua Dewan Presiden GNA Al-Sarraj mengungkapkan banyak terjadi peningkatan serangan teroris di berbagai daerah akibat serangan-serangan pasukan Haftar

‘Haftar bertanggung jawab atas peningkatan aksi teror’

TRIPOLI 

Ketua Dewan Presiden Pemerintah Kesepakatan Nasional Libya (GNA), Fayez al-Sarraj mengklaim Khalifa Haftar bertnggung jawab atas peningkatan serangan teroris di negara tersebut.

Menurut pernyataan tertulis dari Dewan Presiden, dalam pidatonya pada acara peringatan 55 tahun pendirian polisi Libya, al-Sarraj mengecam aksi teroris di negaranya.

Al-Sarraj mengungkapkan banyak terjadi peningkatan serangan teroris di berbagai daerah akibat serangan-serangan pasukan Haftar.

Dia menekankan bahwa rakyat Libya sedang melakukan reformasi untuk membangun negara demokrasi-sipil dan tak mungkin untuk mundur dari tujuan ini.

Presiden al-Sarraj mengatakan bahwa sikap pihaknya tak berubah dalam mempertahankan solusi politik yang diusungkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Al-Sarraj menambahkan bahwa mereka tak akan melakukan dialog dengan mereka yang melakukan kejahatan perang dan menumpahkan darah rakyat Libya.

Sejak April, pasukan Haftar melancarkan serangan untuk merebut Tripoli dari GNA yang diakui secara internasional.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), bentrokan antara kedua pihak telah menyebabkan lebih dari 1.000 orang tewas dan sekitar 5.500 lainnya terluka.

Negara kaya minyak itu dilanda gejolak sejak 2011, ketika Muammar Khaddafi digulingkan dan dibunuh dalam pemberontakan yang didukung NATO setelah empat dekade berkuasa.

Sejak itu, dua kursi kekuasaan yang saling bersaing muncul di Libya,: satu di Libya timur, dan satu lagi di Tripoli.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA