Erdogan: Pemilihan ulang Istanbul langkah penting bagi demokrasi

"Korupsi terorganisir, pelanggaran hukum dan kejanggalan terjadi dalam pemilihan lokal Istanbul," kata Presiden Erdogan

Erdogan: Pemilihan ulang Istanbul langkah penting bagi demokrasi

ANKARA 

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Selasa menyebut keputusan Dewan Pemilihan Umum soal pemungutan suara ulang di Istanbul sebagai langkah penting dalam memperkuat demokrasi Turki.

"Kami melihat keputusan Dewan Pemilihan Umum Turki (YSK) ini, yang akan menghapus bayang-bayang pemilu Istanbul, sebagai sebuah langkah penting dalam memperkuat demokrasi Turki," kata Erdogan dalam pidatonya di hadapan anggota parlemen dari Partai Keadilan dan Pembangunan (AK).

"Kami dengan tulus percaya bahwa korupsi yang terorganisir, pelanggaran hukum dan kejanggalan terjadi dalam pemilihan Istanbul," tambah dia.

Pernyataan itu disampaikan sehari setelah dewan pemilihan mengumumkan bahwa pemungutan suara ulang di Istanbul akan diadakan pada 23 Juni.

Anggota dewan menerima keberatan Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) atas hasil pemilihan lokal di Istanbul dengan tujuh suara mendukung dan empat menentang.

Menurut YSK, keputusan itu diambil karena sejumlah pejabat dan staf pemungutan suara yang bertugas selama pemilihan bukan pegawai negeri, sehingga dianggap melanggar hukum.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA