Erdogan dan Trump akan bertemu di Washington pada 13 November

Presiden Turki dan Presiden AS mengonfirmasi pertemuan melalui telepon pada Rabu

Erdogan dan Trump akan bertemu di Washington pada 13 November

ANKARA 

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbicara melalui telepon pada Rabu, menegaskan kembali pertemuan mereka di Washington pada 13 November.

Menurut Direktorat Komunikasi Kepresidenan Turki, kedua pemimpin juga membahas perkembangan regional serta masalah bilateral.

"Baru saja melakukan panggilan yang sangat baik dengan Presiden Erdogan dari Turki. Dia memberi tahu saya bahwa mereka telah menangkap banyak pejuang ISIS [Daesh] yang dilaporkan telah melarikan diri selama konflik - termasuk seorang istri dan saudara perempuan teroris al Baghdadi," kata Trump melalui Twitter.

Abu Bakar al-Baghdadi meledakkan dirinya pada 26 Oktober saat diserbu pasukan AS di provinsi Idlib, Suriah.

Sebelumnya pada Rabu, Turki mengonfirmasi bahwa mereka telah menangkap seorang istri dan saudara perempuan pemimpin Daesh

"Menantikan bertemu Presiden Erdogan Rabu depan, 13 November di Gedung Putih," tambah Trump.

Pertemuan itu dijadwalkan setelah kesepakatan yang dicapai antara Ankara dan Washington pada 17 Oktober untuk menghentikan operasi militer Turki di Suriah utara untuk memungkinkan teroris YPG/PKK menarik diri dari zona aman.

Turki meluncurkan Operasi Mata Air Perdamaian pada 9 Oktober untuk mengamankan perbatasannya dengan menghilangkan unsur-unsur teroris guna memastikan kembalinya pengungsi Suriah dengan aman dan integritas wilayah Suriah.

Dalam lebih dari 30 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK - yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS dan Uni Eropa - bertanggung jawab atas kematian sekitar 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak dan bayi.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA