DPR AS gelar sidang terbuka pemakzulan Trump pekan depan

Diplomat AS untuk Ukraina dan pejabat tinggi Departemen Luar Negeri AS akan memberikan kesaksian pada Rabu

DPR AS gelar sidang terbuka pemakzulan Trump pekan depan

WASHINGTON

Mulai pekan depan, Komite Intelijen DPR Amerika Serikat akan mengadakan sidang terbuka pertama terkait penyelidikan pemakzulan Presiden Donald Trump.

"Diplomat AS untuk Ukraina William Taylor dan pejabat tinggi Departemen Luar Negeri AS George Kent akan memberikan kesaksian pada Rabu," kata Adam Schiff, ketua komite tersebut, lewat Twitter.

Sementara itu, Marie Yovanovitch, yang menjabat sebagai mantan Duta Besar AS untuk Ukraina akan memberikan kesaksian pada Jumat.

Pengumuman itu muncul setelah sebagian besar anggota DPR memberikan suara untuk meluncurkan penyelidikan pemakzulan.

"Sidang terbuka itu akan menjadi kesempatan bagi rakyat Amerika untuk mengevaluasi sendiri para saksi, sekaligus mendengar langsung fakta-fakta tentang presiden mereka," kata Schriff kepada wartawan di Capitol Hill.

Partai Demokrat meluncurkan penyelidikan terhadap Trump pada 24 September menyusul klaim seorang whistle-blower bahwa presiden berusaha menekan Ukraina untuk ikut campur dalam pemilihan presiden 2020.

Lewat telepon pada 25 Juli, Trump diduga mengiming-imingi bantuan militer USD400 juta ke Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky agar dia bersedia meluncurkan penyelidikan ke Joe Biden, dan putranya, Hunter Biden, atas tuduhan korupsi.

Biden adalah kandidat presiden pilihan Demokrat dan akan berhadapan dengan Trump dalam Pilpres AS 2020.


TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA