China panggil dubes Jerman terkait aktivis Hong Kong

Beijing memperingatkan konsekuensi setelah Menteri Luar Negeri Jerman Maas bertemu dengan pemimpin protes Hong Kong Joshua Wong

China panggil dubes Jerman terkait aktivis Hong Kong

BERLIN 

China memanggil duta besar Jerman untuk memprotes pertemuan Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas dengan aktivis Hong Kong Joshua Wong, kata duta besar Beijing untuk Berlin, Rabu.

Wu Ken mengatakan kepada wartawan bahwa Beijing telah menyampaikan ketidaksenangannya terhadap keputusan Jerman yang mengizinkan Joshua Wong memasuki negara dan bertemu dengan menteri luar negeri.

Duta Besar juga memperingatkan bahwa langkah ini akan memiliki konsekuensi negatif pada hubungan antara China dan Jerman.

Dia mengkritik politisi Jerman karena menutup mata terhadap kekerasan yang dilakukan oleh beberapa demonstran Hong Kong, menggambarkan mereka sebagai kelompok radikal dan separatis.

"Saya ingin menggarisbawahi bahwa Hong Kong adalah milik China, masalah yang berkaitan dengan Hong Kong adalah urusan dalam negeri China. Kedaulatan China dan keamanannya harus dihormati," ujar Wu.

Joshua Wong, sekretaris jenderal kelompok pro-demokrasi Demosisto, tiba di Berlin pada Senin untuk menghadiri acara yang diselenggarakan oleh harian Bild, yang mempertemukan para aktivis politik dan hak-hak sipil dari seluruh dunia.

Selama acara itu, dia juga bertemu dengan Menteri Luar Negeri Heiko Maas, politisi Sosial Demokrat yang dikenal karena dukungannya bagi para aktivis politik.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA