China bertemu dengan Taliban bahas perdamaian di Afghanistan

Otoritas China berharap Taliban akan melanjutkan negosiasi dengan AS dan pemerintah Afghanistan

China bertemu dengan Taliban bahas perdamaian di Afghanistan

BEIJING

Otoritas China mengatakan bahwa pihaknya telah bertemu dengan delegasi Taliban yang dipimpin oleh pemimpin Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang dalam konferensi pers di ibu kota Beijing mengatakan delegasi Taliban itu bertolak dari Doha ke negaranya untuk bertukar pikiran terkait isu terkini dan proses perdamaian di Afghanistan.

"China selalu mementingkan perkembangan di Afghanistan, kami berusaha memajukan proses perdamaian, dan memelihara hubungan dan komunikasi dengan pihak-pihak terkait di Afghanistan," tutur Geng Shuang.

"Kami berharap Taliban akan melanjutkan negosiasi dengan AS dan Afghanistan, kami juga mendesak negosiasi guna mencapai perdamaian dan stabilitas melalui rekonsiliasi nasional segera terwujud," ungkap dia.

Jubir Geng menekankan, negaranya akan terus memainkan peran konstruktif dalam hal ini.

Delegasi Taliban juga telah mengunjungi China pada bulan Juni lalu.

Trump membatalkan pertemuan setelah serangan yang diklaim oleh Taliban di Kabul pekan lalu yang menewaskan 12 orang, termasuk seorang tentara AS.

Pertemuan di Kamp David akan berlangsung hanya tiga hari sebelum AS memperingati serangan 11 September 2001 yang menewaskan 3.000 orang.

Perundingan itu dimaksudkan untuk mencari solusi bagi konflik di Afghanistan.

Trump sedang berusaha untuk menarik sebagian besar dari 14.000 tentara AS di Afghanistan menjelang pemilihan presiden 2020.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA