Cavusoglu: Turki, Luksemburg tak punya masalah politik

Kedua negara menjalin hubungan yang bersahabat, kata Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu

Cavusoglu: Turki, Luksemburg tak punya masalah politik

ANKARA 

Turki dan Luksemburg tidak memiliki masalah politik dan menjalin hubungan persahabatan, kata menteri luar negeri Turki, Senin.

"Kami tidak memiliki masalah politik dengan Luksemburg dan kami menjalin hubungan sekutu dan bersahabat," Mevlut Cavusoglu mengatakan pada konferensi pers dengan rekannya dari Luksemburg Jean Asselborn di ibu kota Turki, Ankara.

Cavusoglu mengatakan hubungan yang sehat ini juga tercermin dalam hubungan ekonomi, karena Luksemburg memiliki investasi sekitar USD10 miliar di Turki dan perusahaan-perusahaan Turki juga menginvestasikan USD1,5 miliar di Luksemburg.

"Jumlah wisatawan Luksemburg yang datang ke Turki meningkat secara signifikan," ujarnya.

Cavusoglu mengatakan selain hubungan bilateral, keduanya juga membahas perang melawan terorisme, proses aksesi Turki di UE dan isu Suriah.

Sementara itu, Asselborn mengatakan ini adalah kunjungan pertamanya ke Turki sejak upaya kudeta 2016.

Dia mengatakan hubungan dengan Turki sangat bersahabat dan Luksemburg mendukung tawaran upaya Turki menjadi anggota UE.

Turki mengajukan keanggotaan UE pada 1987 dan pembicaraan aksesi dimulai pada 2005.

Namun, negosiasi terhenti pada 2007 karena adanya keberatan dari pemerintah Siprus Yunani soal terbaginya Pulau Siprus, serta penolakan dari Jerman dan Perancis.

Asselborn akan mengunjungi berbagai proyek untuk warga Suriah di provinsi Gaziantep dan Kilis di Turki di bawah perlindungan sementara dan berdialog dengan pejabat setempat.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA