Buku abad ke-17 tentang geografi angkatan laut Ottoman dicetak ulang

Muntehab-i Bahriyye bercerita tentang terumbu, pelabuhan, istana, dan menara di Mediterania dan Aegea yang dikuasai oleh Kekaisaran Ottoman

Buku abad ke-17 tentang geografi angkatan laut Ottoman dicetak ulang

ISTANBUL (AA) - Penerbit Turki mencetak ulang sebuah buku dari abad ke-17 tentang fitur geografis Mediterania dan Aegean, yang saat itu diperintah oleh Kesultanan Ottoman.

Muntehab-i Bahriyye (Yang Dipilih Angkatan Laut) atau Geografi Sejarah Mediterania dan Aegean, ditulis oleh Katib Celebi pada 1645-1646, diedit oleh sejarawan Fikret Saricaoglu di Universitas Istanbul dan dicetak ulang oleh Perpustakaan Buku Rare Turki.

Saricaoglu mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa buku itu mencakup informasi geografis untuk sejarawan dan pelaut.

"Buku itu menceritakan tentang lokasi terumbu dan pelabuhan, orang-orang, kastil dan menara di wilayah itu," ujar dia.

Saricaoglu menggarisbawahi bahwa Celebi mendasarkan bukunya pada Buku Angkatan Laut yang ditulis oleh Piri Reis, laksamana armada Ottoman-Mesir yang menulis tentang ilmu navigasi.

"Celebi bertujuan untuk memperbarui fitur geografis yang pertama kali disebutkan oleh Piri Reis dengan menggambar peta baru dan melakukan beberapa penelitian," tambah dia.

Saricaoglu mengatakan buku-buku Celebi juga telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, termasuk di antaranya Geografi Dunia (Cihannuma) dan Kamus Bibliografi (Kashf al-zunun).

Muntehab-i Bahriyye memuat 93 peta, dua skala, definisi geografis dan nama-nama tempat.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA