BRICS akan bahas isu Bolivia, Venezuela dan iklim ekonomi

Topik utama juga mencakup promosi teknologi dan memperkuat kerja sama dalam memerangi kejahatan transnasional

BRICS akan bahas isu Bolivia, Venezuela dan iklim ekonomi

BOGOTA, Kolombia

Para pemimpin dari Brasil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan pada Rabu berkumpul untuk menghadiri KTT BRICS ke-11 di ibu kota Brasil, Brasilia.

Mewakili lima negara berkembang yang mencakup 42 persen dari populasi dunia, para kepala lima negara akan mengadakan pertemuan tertutup pada Kamis yang akan dilanjutkan dengan forum bisnis.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro akan menjamu Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden China Xi Jinping, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa dan Perdana Menteri India Narendra Modi selama pertemuan yang berlangsung selama dua hari.

Topik utama dari pertemuan mencakup promosi ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi, ekonomi digital dan penguatan kerja sama dalam memerangi kejahatan transnasional serta diskusi tentang kolaborasi beberapa sektor produktif dari lima ekonomi dengan New Development Bank -- bank pembangunan multilateral yang didirikan oleh negara-negara BRICS.

Masalah-masalah regional seperti perebutan kekuasaan yang sedang berlangsung antara pemerintah dan oposisi di Venezuela serta krisis politik di Bolivia juga akan dibahas.

Sementara negara tuan rumah Brasil sangat menentang pemerintah Nicolas Maduro di Venezuela, Moskow dan Beijing mendukungnya secara ekonomi.

"Bukan rahasia lagi bagi siapa pun bahwa posisi terhadap apa yang terjadi di Venezuela berbeda-beda dalam atmosfer BRICS," kata Norberto Moretti, sekretaris kebijakan luar negeri komersial dan ekonomi Kementerian Luar Negeri Brasil, sebelum pertemuan puncak.

BRICS akan mengeluarkan pernyataan bersama di akhir KTT yang akan memberikan gambaran masa depan blok ekonomi tersebut.

*Jose Baez Gdari Kolombia and Beyza Binnur Donmez dari Ankara berkontribusi pada berita ini

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA