AS siap gelar dialog dengan Korea Utara bahas denuklirisasi

Perundingan denuklirisasi ditunda di tengah ketegangan yang dipicu oleh latihan militer gabungan AS-Korea Selatan

AS siap gelar dialog dengan Korea Utara bahas denuklirisasi

SEOUL

Utusan Amerika Serikat yang bertugas merundingkan kesepakatan denuklirisasi dengan Korea Utara mengatakan bahwa Washington siap untuk melanjutkan pembicaraan dengan Pyongyang, lansir kantor berita Yonhap.

"Kami siap untuk terlibat segera setelah kami mendengar dari rekan-rekan kami di Korea Utara," kata Perwakilan Khusus Stephen Biegun, kepada wartawan saat mengunjungi Korea Selatan, pada Rabu.

Dialog Washington dan Pyongyang telah melewati jadwal semula yang disepakati selama pertemuan mengejutkan antara Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan pada Juni.

Perundingan denuklirisasi ditunda di tengah ketegangan yang dipicu oleh latihan militer gabungan AS-Korea Selatan bulan ini.

Biegun mengatakan Trump memberinya tugas untuk memulai kembali proses dialog yang terhenti sejak dua KTT sebelumnya gagal menghasilkan peta jalan yang jelas untuk denuklirisasi Korea Utara.

Negosiator AS itu berdiskusi dengan para pejabat senior Korea Selatan selama kunjungannya pekan ini, tetapi belum dikonfirmasi apakah dia berencana untuk pergi ke perbatasan untuk berbicara dengan perwakilan dari Korea Utara.

Biegun membantah spekulasi bahwa dia kemungkinan akan mengambil peran duta besar Amerika untuk Rusia dan menekankan bahwa dia berkomitmen penuh untuk misi denuklirisasi Korea Utara dan berjanji untuk mewujudkannya.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA