AS masukkan 6 tanker minyak ke daftar sanksi Venezuela

Departemen Keuangan memasukkan lima kapal berbendera Venezuela dan satu kapal berbendera Panama yang terafiliasi dengan perusahaan minyak milik negara PDVSA ke dalam daftar sanksi

AS masukkan 6 tanker minyak ke daftar sanksi Venezuela

WASHINGTON 

Amerika Serikat kembali meningkatkan tekanan ke pemerintahan Presiden Nicolas Maduro dengan menargetkan enam kapal tanker minyak Venezuela.

Departemen Keuangan mengatakan lima kapal berbendera Venezuela dan satu kapal berbendera Panama yang terafiliasi dengan perusahaan minyak milik negara PDVSA masuk ke dalam daftar sanksi.

"Tindakan ini untuk menargetkan rezim Maduro yang menggunakan mekanisme untuk mengangkut minyak ke rezim Kuba dengan imbalan bantuan keamanan dan intelijen," kata departemen itu dalam sebuah pernyataan.

Selain itu, Wakil Menteri Keuangan Justin Muzinich menuding Kuba dan Venezuela menghindari sanksi dengan mengubah nama kapal dan memfasilitasi aliran minyak dari Caracas ke Havana.

"AS akan terus mengambil langkah yang diperlukan untuk melindungi rakyat Venezuela," tegas Muzinich.

AS tidak lagi mengakui Maduro sebagai presiden Venezuela yang sah, dan justru mendukung pemimpin oposisi, Juan Guaido, yang mendeklarasikan diri sebagai presiden sementara.

Kuba, Bolivia, dan Meksiko, masih memberikan dukungan mereka ke Maduro.

Sejak awal tahun, Venezuela jatuh dalam krisis ketika Maduro dan Guaido terlibat dalam pertarungan politik.


TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA