Aliansi oposisi Sudan tunjuk perdana menteri pemerintahan transisi

Abdullah Hamdook, perdana menteri terpilih, adalah seorang pakar ekonomi dan mantan pejabat PBB

Aliansi oposisi Sudan tunjuk perdana menteri pemerintahan transisi

KHARTOUM, Sudan

Aliansi oposisi Sudan, Freedom and Change Alliance, menunjuk Abdullah Hamdook sebagai perdana menteri dalam jajaran pemerintah transisi.

"Aliansi telah menyetujui Abdullah Hamdook untuk memangku jabatan perdana menteri selama periode transisi yang diperpanjang selama tiga tahun dan tiga bulan ke depan," kata Asosiasi Profesional Sudan (SPA) dalam sebuah pernyataan.

Aliansi oposisi dan Dewan Militer Transisi (TMC) diperkirakan akan menandatangani kesepakatan akhir mereka mengenai deklarasi politik dan konstitusi pada 17 Agustus.

Hamdook, lulusan University of Manchester, adalah seorang pejabat senior di Kementerian Keuangan dan Perencanaan Ekonomi Sudan, selama tahun 1980-an.

Dia juga memegang posisi senior di African Development Bank dan menjabat sebagai direktur regional untuk Afrika dan Timur Tengah pada 2003-2008.

Hamdook pernah menjabat sebagai direktur integrasi regional dan perdagangan untuk Komisi Ekonomi PBB untuk Afrika (UNECA) pada 2001-2002, dan wakil sekretaris eksekutif UNECA selama 2011-2018.

Pada September 2018, Hamdok ditunjuk sebagai menteri keuangan oleh Presiden Omar al-Bashir, namun dia menolaknya.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA