370.000 pengungsi Suriah kembali ke daerah bebas teror

Wakil presiden Turki mengatakan Turki menyediakan semua layanan dasar untuk memungkinkan warga Suriah kembali ke tanah air mereka

370.000 pengungsi Suriah kembali ke daerah bebas teror

GAZIANTEP, Turki

Wakil Presiden Turki Fuat Oktay pada Selasa mengatakan sekitar 370.000 pengungsi Suriah di Turki secara sukarela kembali ke daerah-daerah bebas teror di negara asal mereka.

Dia menegaskan bahwa Ankara bertekad untuk membentuk koridor perdamaian terlepas dari dukungan asing.

"Kami menggunakan semua layanan, terutama di bidang keamanan, kesehatan, pendidikan, tempat tinggal, jalan, air dan listrik, untuk warga Suriah tanpa diskriminasi," kata Oktay, saat berbicara di Forum Internasional tentang Solusi Lokal untuk Migrasi dan Pemindahan di Provinsi Gaziantep, Turki.

Wakil presiden juga mengatakan bahwa operasi anti-teror Turki menciptakan daerah aman di Suriah dan membantu normalisasi kehidupan di wilayah tersebut.

Pada 9 Oktober, Turki meluncurkan Operasi Mata Air Perdamaian untuk mengusir teroris YPG/PKK dari utara Suriah, mengamankan perbatasan, membantu repatriasi yang aman bagi pengungsi Suriah, dan menjamin integritas teritorial Suriah.

Ankara ingin teroris YPG/PKK menarik diri dari wilayahnya sehingga zona aman bisa dibangun untuk memulangkan dua juta pengungsi.

Dalam lebih dari 30 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK - yang masuk daftar organisasi teroris Turki, Amerika Serikat, dan Uni Eropa - telah bertanggung jawab atas kematian sekitar 40.000 jiwa, termasuk perempuan, anak-anak, dan bayi.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA