Thailand kembali temukan 5 gajah tewas di air terjun

Ini merupakan kerugian terbesar bagi populasi gajah liar Thailand dengan kehilangan 11 gajah sekaligus, ujar Gubernur Nakhon Nayok

Thailand kembali temukan 5 gajah tewas di air terjun

Otoritas Thailand menemukan lima gajah mati setelah terjatuh di air terjun di Taman Nasional Khao Yai, ketika mereka berupaya mengangkut enam bangkai gajah lainnya di lokasi yang sama.

Gubernur Nakhon Nayok Natthapong Sirichana mengatakan pesawat tak berawak menemukan jasad kelima gajah itu di air terjun Haew Narok.

Ini merupakan kerugian terbesar bagi populasi gajah liar Thailand, ujar Sirichana, dengan kehilangan 11 gajah sekaligus.

Beberapa hari lalu, pesawat tanpa awak yang sama menangkap adanya dua ekor gajah selamat di air terjun tersebut, setelah enam gajah lainnya tenggelam.

“Drone diterbangkan di dekat air terjun tempat gajah ditemukan tewas pada Sabtu pagi,” ujar Dokter hewan dari Departemen Taman Nasional, Satwa Liar dan Konservasi Tumbuhan Thailand Chananya Kanchanasakha, seperti dikutip Bangkok Post.

Dari delapan gajah yang ada saat itu, lanjut Chananya, hanya dua ekor yang selamat, sedang enam lainnya ditemukan tenggelam.

Hingga saat ini, petugas setempat masih menyelidiki penyebab 11 gajah jatuh ke arus kuat air terjun dan melacak jejak kaki dua gajah lain yang masih hidup.

Mereka meyakini, menurut Chananya, kedua gajah yang masih hidup tersebut kembali ke hutan.

Taman Nasional Khao Yai berada di Provinsi Saraburi, Nakhon Ratchasima, Nakhon Nayok dan Prachin Buri.

Sedang lokasi tewasnya 11 gajah tersebut berada di Distrik Pak Phli, Nakhon Nayok.

Petugas setempat tengah berupaya menjaring bangkai gajah yang mati dengan alat besar berkapasitas hingga 40 ton di dekat bendungan Khun Dan Prakan Chon, Nakhon Nayok.

Tujuannya agar bangkai tak mencemari reservoir, sekaligus untuk mencari petunjuk penyebab kematian sebelum mereka dimakamkan.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA