Thailand apresiasi kerjasama Amerika Serikat dengan ASEAN

Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-Cha mengucapkan selamat kepada ASEAN dan Amerika Serikat atas keberhasilan penyelenggaraan latihan maritim pertama pada bulan September tahun ini

Thailand apresiasi kerjasama Amerika Serikat dengan ASEAN

Thailand mengapresiasi kerjasama Amerika Serikat dengan ASEAN. Apresiasi ini disampaikan Thailand di forum KTT ASEAN-US di Bangkok, Senin.

Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-Cha mengucapkan selamat kepada ASEAN dan Amerika Serikat atas keberhasilan penyelenggaraan latihan maritim pertama pada bulan September tahun ini.

“AS juga menjadi negara pertama yang menyatakan dukungan pandangan ASEAN di Indo Pasifik yang diadopsi oleh para pemimpin ASEAN pada KTT ke-34 ASEAN di Bangkok,” ujar PM Prayut.

Dia menambahkan prospek hubungan ini adalah pondasi utama untuk meningkatkan stabilitas dan kemakmuran di kawasan ini, dan AS dapat mempertimbangkan dan meningkatkan kerja sama dalam masalah-masalah kepentingan bersama sebagaimana ditunjukkan dalam prospek seperti infrastruktur, ekonomi digital, dan energi.

“Investor AS juga berperan sebagai salah satu kekuatan pendorong bagi pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan di kawasan ini,” lanjut PM Prayut.

PM Prayut juga mengaku senang bahwa sektor swasta AS dan Thailand bersama menyelenggarakan Forum Bisnis Indo Pasifik kedua di sini hari ini di Bangkok dan saat ini dihadiri oleh perwakilan sektor swasta.

Dia mengatakan ada harapan Thailand bahwa kemitraan strategis ASEAN-AS akan terus maju dalam dimensi lama yang di dalamnya komprehensif dan berkelanjutan untuk keuntungan dan kesejahteraan rakyat ASEAN dan AS.

“Saya yakin pertemuan hari ini akan memberikan peluang besar bagi ASEAN dan AS untuk membahas dan bertukar pandangan tentang cara meningkatkan kemitraan strategis ASEAN dan AS serta pertumbuhan berkelanjutan di kawasan ini,” imbuh PM Prayut.



TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA