Sebanyak 66 kandidat Pemilu di Thailand terancam diskualifikasi

Jika salah satu dari 66 kandidat yang memenangkan suara terbanyak didiskualifikasi, hal itu akan secara langsung mempengaruhi hasil pemilihan akhir

Sebanyak 66 kandidat Pemilu di Thailand terancam diskualifikasi

JAKARTA 

Pejabat pemilu di Thailand mengatakan Jumat bahwa 66 kandidat menang dalam pemilihan bulan lalu menghadapi kemungkinan diskualifikasi karena pengaduan diajukan terhadap mereka.

Seperti dilansir Khaosodenglish, jika salah satu dari 66 kandidat yang memenangkan suara terbanyak didiskualifikasi, hal itu akan secara langsung mempengaruhi hasil pemilihan akhir.

Termasuk jumlah kursi yang diberikan masing-masing partai sesuai dengan formula rumit terkait dengan bagian mereka dari keseluruhan suara terbanyak, kata Komisaris Pemilihan Umum Pakorn Mahannop.

"Kami dengan cepat memproses ini, setiap hari, tidak ada hari libur," katanya.

Komisi itu mendapat kecaman keras dari masyarakat atas dugaan salah kelola pemilihan umum pertama negara itu sejak kudeta militer pada 2014. Komisi itu dituduh mengeluarkan hasil yang tertunda dan tidak konsisten.

Perhitungan suara final akan selesai pada 9 Mei. Tidak ada partai yang memenangkan mayoritas, menurut angka awal.

Pada Kamis, Komisi Pemilihan memerintahkan penghitungan ulang suara dan pemilihan baru di beberapa tempat pemungutan suara setelah menemukan penyimpangan dalam pemungutan suara 24 Maret.

Pakorn mengatakan pihaknya memerintahkan pemilihan baru untuk dilakukan di enam TPS karena ditemukan ada suara yang hilang.

"Bahkan jika kita menemukan bahwa hanya ada satu surat suara yang hilang, kita harus memesan pemilihan baru," kata Pakorn.

Pemilu tersebut memilih 500 kursi di Parlemen. Dari jumlah tersebut, 350 kursi disisihkan untuk pemenang masing-masing daerah pemilihan, sedangkan 150 lainnya adalah kursi daftar partai.

Pakorn mengatakan hanya ada satu formula untuk menghitung jumlah kursi daftar partai sebagaimana diatur dalam konstitusi yang dirancang militer, meskipun ada beberapa laporan bahwa formula lain juga telah diumumkan.

Pakorn mengatakan Komisi Pemilihan Umum akan dapat mengumumkan alokasi kursi daftar partai untuk masing-masing partai “dalam waktu 10 menit” setelah hasil pemungutan suara akhir menjadi jelas.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA