Sarawak liburkan sekolah akibat kabut asap

Indeks pencemaran udara di Selangor di level buruk

Sarawak liburkan sekolah akibat kabut asap

Sekolah-sekolah di delapan distrik di Sarawak, Malaysia, dilaporkan ditutup pada hari ini akibat kabut asap yang memburuk sejak pukul 6 sore kemarin.

Wakil direktur pendidikan negara Ali Abang Masagus, kepada Bernama, mengatakan delapan distrik itu adalah Kuching, Samarahan, Padawan, Serian, Sri Aman, Betong, Bau dan Lundu.

Namun, dia memastikan Ujian Sekolah Dasar akan berjalan sesuai jadwal.

“Kami akan membuat keputusan untuk hari berikutnya berdasarkan pembacaan Indeks Polutan Udara pada pukul 6 sore sehari sebelumnya".

"Jadi sekolah harus bersiap untuk membuka besok jika hasil indeks polutan udara membaik," kata Ali Abang Masagus.

Udara tercemar di Selangor

Sementara sebanyak lima wilayah di Selangor dilaporkan mengalami cuaca yang buruk, pada Selasa.

Lima wilayah di Selangor mencatatkan hasil Indeks Pencemaran Udara (API) yang tidak sehat pada pukul 10 pagi pada Selasa.

Menurut portal Departemen Lingkungan (DOE), indeks pencemaran udara di Shah Alam sebesar 127, Klang 119, Banting 122, Johan Setia, Klang 160, dan Petaling Jaya (137). Sedangkan Kuala Selangor tercatat di tingkat sedang (93).

Hasil indeks pencemaran udara 0 hingga 50 menunjukkan kualitas udara yang baik; 51 hingga 100, di tingkat sedang; dan 101 hingga 200, di kategori tidak sehat; 201 hingga 300, sangat tidak sehat, dan 300 ke atas, berbahaya.


TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA