Prihatin situasi Hong Kong, Singapura ambil empat pelajaran

Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Chan Chun Sing mengatakan posisi Hong Kong sebagai pusat ekonomi dan keuangan penting bagi kawasan dan dunia, termasuk Singapura

Prihatin situasi Hong Kong, Singapura ambil empat pelajaran

Singapura menyampaikan keprihatinan atas memburuknya situasi di Hong Kong akibat gelombang protes yang terus berlangsung, lansir Channel News Asia pada Selasa. 

“Kami prihatin dengan memburuknya situasi di Hong Kong. Ini khususnya bagi kita yang memiliki hubungan dekat dengan Hong Kong,” kata Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Chan Chun Sing.

Chan mengatakan posisi Hong Kong sebagai pusat ekonomi dan keuangan penting bagi kawasan dan dunia, termasuk Singapura.

"Kami berharap yang terbaik dan situasi akan segera membaik," kata dia.

Chan mengingatkan apa yang terjadi di Hong Kong dapat pula terjadi ke Singapura jika tidak diantisipasi.

Ambil pelajaran

Dia menjelaskan ada empat pelajaran yang bisa dipetik Singapura dari ketidakpastian situasi di Hong Kong.

Pertama, perlunya sistem politik yang dapat memaksimalkan layanan publik untuk mengantisipasi tantangan dan menyelesaikan masalah serta meningkatkan kehidupan masyarakat.

"Terlepas dari sistem politik dan kepentingan partai, pelaksanaan kepemimpinan haruslah mengutamakan kepentingan rakyat dan negara," kata Chan.

Kedua, kebijakan jangka panjang sebagai ukuran keberhasilan suatu negara tidak dapat diukur dalam waktu jangka pendek.

Sebagai contoh, Chan menyebut bagaimana akses ke biaya perumahan yang terjangkau dan layanan mendasar sangat penting guna menjaga stabilitas masyarakat.

Ketiga, kohesi sosial dan resolusi konflik. Chan mengatakan Singapura memiliki jalan dialog dan tindakan konstruktif dari pada melakukan tindakan kekerasan dalam menyelesaikan masalah.

“Memaksakan keuntungan individu secara maksimal dengan mengorbankan kepentingan bersama dan kolektif tidak dapat menjadi cara Singapura,” kata Chan.

Terakhir, Chan mencatat tidak mudah bagi negara-kota kecil untuk bertahan dan berkembang tanpa pasokan, pasar, dan peluang.

Karena itu, kata Chan, Singapura harus terus bekerja keras di tengah ketidakpastian global.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA