PM India bertemu Jokowi bahas komitmen kerja sama

India berkomitmen untuk bekerja sama dengan Indonesia untuk memperkuat ikatan di bidang pertahanan, keamanan, konektivitas, perdagangan dan investasi dan pertukaran sumber daya manusia

PM India bertemu Jokowi bahas komitmen kerja sama

Perdana Menteri India Shri Narendra Modi bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo pada sela-sela rangkaian pertemuan KTT ke-35 ASEAN di Bangkok, Minggu.

PM Modi mengucapkan selamat kepada Presiden Joko Widodo atas dimulainya masa jabatan keduanya sebagai Presiden Indonesia.

PM Modi juga menyampaikan bahwa sebagai dua masyarakat demokratis dan majemuk terbesar di dunia, India berkomitmen untuk bekerja sama dengan Indonesia untuk memperkuat ikatan di bidang pertahanan, keamanan, konektivitas, perdagangan dan investasi dan pertukaran sumber daya manusia.

PM Modi menyampaikan bahwa India dan Indonesia adalah tetangga dekat maritim dan bersama Presiden Joko Widodo menegaskan kembali komitmen untuk bekerja bersama demi perdamaian, keamanan, dan kemakmuran untuk mencapai visi bersama mereka tentang kerja sama maritim di kawasan Indo-Pasifik.

Kedua pemimpin juga membahas ancaman ekstremisme dan terorisme dan sepakat untuk bekerja sama secara bilateral dan global untuk mengatasi ancaman ini.

Perdana Menteri Modi melakukan diskusi ke depan tentang peningkatan perdagangan bilateral dan menyoroti perlunya akses pasar yang lebih besar untuk komoditas India termasuk, produk farmasi, otomotif dan pertanian.

“Saya mengundang perusahaan Indonesia untuk menggunakan peluang yang kami sajikan untuk investasi sambil memperhatikan bahwa perusahaan India telah melakukan investasi besar di Indonesia,” ujar Modi di Bangkok, Minggu.

Perdana Menteri Modi mengundang Presiden Joko Widodo untuk mengunjungi India pada waktu yang saling menguntungkan tahun depan.

“India melampirkan prioritas tinggi pada hubungan bilateral dengan Indonesia, yang dengannya kami berbagi Kemitraan Strategis Komprehensif. Tahun ini, India dan Indonesia juga memperingati 70 tahun berdirinya hubungan diplomatik,” tambah dia.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA