Myanmar buka akses visa on arrival untuk turis dunia

Turis yang memperoleh akses visa on arrival baru itu berasal dari Australia, Jerman, Italia, Spanyol, Swiss dan Rusia

Myanmar buka akses visa on arrival untuk turis dunia

Myanmar membuka akses visa on arrival bagi turis asal Australia, Jerman, Italia, Spanyol, Swiss dan Rusia.

Para turis hanya perlu membayar USD50 untuk mendapatkan visa tersebut di bandara internasional Yangon, Mandalay dan Nay Pyi Taw.

“Kami berharap peraturan baru ini memudahkan akses ke Myanmar dan mendongkrak jumlah turis dari seluruh dunia,” ujar Ketua Asosiasi Pemasaran Pariwisata Myanmar Daw May Myat Mon Win, seperti dikutip Myanmar Times.

Daw May Myat Mon Win mengatakan Myanmar memberikan izin masuk bebas visa untuk turis dari Jepang, Korea Selatan, Hong Kong, dan Makau.

Sementara turis dari India dan China, ujar Daw May Myat Mon Win, memperoleh izin masuk bebas visa ke Myanmar

Dampaknya, lanjut Daw May Myat Mon Win, jumlah turis Asia ke Myanmar tahun ini meningkat.

Sepanjang Januari hingga Agustus lalu, lanjut Daw May Myat Mon Win, jumlah turis Jepang meningkat 24 persen ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya.

Statistik Kementerian Hotel dan Pariwisata Myanmar menunjukkan lebih dari 82.000 turis Jepang berkunjung ke negara tersebut, sementara periode yang sama tahun lalu hanya 65.000.

Myanmar juga rajin mempromosikan pariwisata negaranya ke pasar penting seperti Jepang, dengan harapan jumlah pengunjung akan terdongkrak pada musim puncak tahun ini, kata Daw May Myat Mon Win.

Salah satunya upaya Federasi Pariwisata Myanmar dan Asosiasi Restoran Myanmar yang akan mempromosikan industri pariwisata negara itu dalam JETRO Expo di Osaka bulan ini.

“Ada banyak tujuan wisata di Myanmar, di mana wisatawan Jepang bisa tertarik untuk berkunjung ke Yangon, Bagan dan Inle,” ujar Daw May Myat Mon Win.

“Kita harus melanjutkan upaya untuk mempromosikan Myanmar sebagai tujuan wisata karena kita juga bersaing dengan Thailand, Kamboja, Malaysia, dan Indonesia,” pungkas Daw May Myat Mon Win.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA