Manila urutan ke-3 kota dengan kualitas hidup terendah

Kota-kota dengan gaji terendah adalah Kairo (Mesir), Lagos (Nigeria), Jakarta (Indonesia), Dhaka (Bangladesh), dan Istanbul (Turki)

Manila urutan ke-3 kota dengan kualitas hidup terendah

Manila menempati urutan ke-3 di antara 56 kota di dunia dengan kualitas hidup terendah, menurut penelitian Deutsche Bank, lansir Philstar pada Senin. 

Berdasarkan peringkat indeks dari database online Numbeo, kota dengan kualitas hidup terendah adalah Lagos (Nigeria), diikuti Beijing (China) dan Manila (Filipina).

Manila berada di peringkat 137 dalam peringkat Kualitas Hidup kota-kota di dunia.

Manila juga mencatat peringkat yang relatif rendah di indeks lain seperti daya beli (53), keselamatan (ke-46), perawatan kesehatan (ke-45), rasio harga properti terhadap pendapatan (ke-45), waktu lalu lintas pulang-pergi (ke-51), polusi (ke-54) dan iklim ( 47).

Sedangkan kota-kota dengan kualitas hidup tertinggi adalah Zurich (Swiss), Wellington (Selandia Baru), Kopenhagen (Denmark), Edinburgh (Inggris) dan Wina (Austria).

Laporan Deutsche Bank juga menunjukkan Manila berada di peringkat ke-50 dari 55 dalam peringkat gaji bulanan setelah dikurangi pajak.

Studi ini menunjukkan gaji bulanan bersih di Manila pada tahun 2018 adalah USD498, sementara pada 2019 mencapai USD480 atau sekitar Rp6,8 juta.

San Francisco (Amerika Serikat) keluar sebagai kota dengan gaji bulanan tertinggi di dunia USD6.526.

Zurich (Swiss) berada di peringkat kedua dengan USD5.896 diikuti New York (AS) dengan USD4.612, lalu Boston (AS) dengan USD4.288 dan Chicago dengan USD3.740.

Kota-kota dengan gaji terendah adalah Kairo (Mesir) dengan gaji bulanan bersih USD206, Lagos (Nigeria) dengan USD236, Jakarta (Indonesia) dengan USD362, Dhaka (Bangladesh) dengan USD375 dan Istanbul (Turki) dengan USD433.

Deutsche Bank mengumpulkan data dari sumber-sumber sekunder dan mensurvei harga yang dilansir secara online.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA