Kurangi sampah plastik, Singapura perbanyak dispenser air di tempat umum

Saat ini telah terpasang dispenser air di 26 pusat jajanan milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Air, dan jumlah itu akan terus bertambah

Kurangi sampah plastik, Singapura perbanyak dispenser air di tempat umum

Pemerintah Singapura akan memasang lebih banyak dispenser air di tempat umum seperti gedung perkantoran, pusat perbelanjaan dan stasiun.

Menteri Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Air Singapura (MEWR) Masagos Zulkifli mengatakan inisiatif ini bertujuan untuk mendukung upaya Zero Waste Singapura dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai pada konsumsi air minum kemasan dan perang melawan diabetes.

“Air keran di Singapura sangat aman untuk diminum, kita harus berbuat lebih banyak untuk mengurangi konsumsi air kemasan,” ujar Masagos, seperti dikutip Channel News Asia.

Masagos mengatakanberdasarkan catatan Badan Pangan Singapura terbaru, negara itu mengimpor sekitar 17 juta botol air per bulan dari Malaysia.

Badan Lingkungan Hidup Nasional Singapura (NEA), lanjut Masagos, telah memasang dispenser air di 26 pusat jajanan milik MEWR dan jumlah itu akan terus bertambah.

Selain itu, imbuh Masagos, NEA juga bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan Dewan Kota untuk menyediakan dispenser serupa di pusat jajanan milik Dewan Perumahan dan Pembangunan.

Pusat jajanan di wilayah itu, ujar Masagos, dikelola oleh Dewan Kota.

Pemerintah, kata Masagos, juga mendorong lembaga lain untuk memasang dispenser serupa.

Lembaga atau perusahaan yang memasang dispenser di tempat umum akan memperoleh poin, ujar Masagos, dengan dukungan Singapore Health Award yang digelar Badan Promosi Kesehatan (HPB).

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA