Koalisi yang berkuasa di Australia menangi pemilu

Hasil tidak resmi menunjukkan bahwa koalisi pimpinan Partai Liberal - yang telah berkuasa selama enam tahun - meraih 41,6 persen suara

Koalisi yang berkuasa di Australia menangi pemilu

MELBOURNE

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengumumkan kemenangan koalisi yang berkuasa dalam pemilihan umum yang digelar pada Sabtu.

Sementara penghitungan suara masih berlangsung, hasil tidak resmi menunjukkan bahwa koalisi pimpinan Partai Liberal - yang telah berkuasa selama enam tahun - meraih 41,6 persen dukungan suara sejauh ini.

Berdasarkan hasil yang sama, Koalisi Partai Liberal-Nasional memenangkan 74 kursi dari 150 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat, sementara oposisi utama Partai Buruh mengamankan 66 kursi di parlemen dengan perolehan 33,4 persen suara.

Sementara itu, kandidat independen memenangkan 5 kursi, disusul Partai Hijau yang mengamankan 1 kursi dengan 10,3 persen suara.

"Saya selalu percaya pada mukjizat. Malam ini adalah tentang setiap warga Australia yang menggantungkan masa depannya pada pemerintah yang akan selalu mengutamakan mereka. Dan itulah yang akan kami lakukan," tegas Morrison dalam pidato kemenangannya.

Ketua Partai Buruh Bill Shorten menerima hasil pemilihan umum dan mengumumkan pengunduran dirinya dari partai.

Anggota parlemen Australia dipilih untuk masa jabatan tiga tahun. Namun, ketidakstabilan politik di negara itu menyebabkan pergantian perdana menteri selama enam kali dalam 12 tahun terakhir.

*Dilara Hamit turut berkontribusi dalam laporan ini

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA