Kesehatan Duterte di level "hijau”

Duterte dapat melakukan tugasnya dengan baik di usia 74 tahun meski beberapa penyakit, ujar juru bicara kepresidenan Filipina

Kesehatan Duterte di level

Istana Malacañang mengatakan kesehatan Presiden Filipina Rodrigo Duterte berada di level “hijau”, bukan merah muda seperti umumnya lansia seusianya.

Juru bicara kepresidenan Filipina Salvador Panelo menjelaskan level “hijau” berarti Duterte dapat melakukan tugasnya dengan baik di usia 74 tahun meski beberapa penyakit.

“Jadwalnya tidak berubah, dia dapat melakukannya dengan baik,” ujar Panelo, seperti dikutip Philstar.

Dalam kamus sebetulnya tak ada level “hijau” terkait kesehatan. Cambridge Dictionary hanya mendefinisikan “merah muda” untuk menunjukkan kondisi kesehatan yang amat baik.

Sejak Selasa lalu, Duterte bekerja dari rumahnya di Davao City.

Dia mengakui memiliki beberapa penyakit namun sejumlah pejabat menyebutkan itu tak menjadi persoalan karena juga dimiliki orang seusianya.

Duterte menderita bronchitis akut dan migrain akibat cedera tulang belakang yang dideritanya sejak kecelakaan sepeda motor pada 1960-an.

Selain itu, Duterte juga memiliki penyakit Buerger yang disebabkan oleh rokok.

Beberapa waktu lalu, Duterte juga mengalami sakit punggung setelah jatuh dari sepeda motor di kompleks tempat tinggalnya.

“Saya sudah tua, kehidupan mulai membahayakan saya,” ujar Duterte beberapa waktu lalu.

Meski begitu, Duterte dijadwalkan akan menghadiri KTT Asia Tenggara-Republik Korea bulan ini.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA