Fasilitator Malaysia kunjungi Thailand Selatan untuk perdamaian

Mantan kepala polisi Malaysia Abdul Rahim menjadi mediator antara pemerintah Thailand dan Mara Patani, organisasi payung kelompok perlawanan Muslim Thailand

Fasilitator Malaysia kunjungi Thailand Selatan untuk perdamaian

JAKARTA 

Fasilitator Malaysia untuk pembicaraan damai di Thailand Selatan melakukan kunjungan selama dua hari ke wilayah tersebut, lansir Thai PBS World pada Rabu.

Kunjungan ini adalah pertama dilakukan olehh mantan kepala polisi Malaysia Abdul Rahim bin Mohammad Noor sejak ditunjuk menggantikan Ahmad Zamzamin Hashim.

Rahim menjadi mediator antara pemerintah Thailand dan Mara Patani, organisasi payung kelompok perlawanan Muslim Thailand.

Rahim berdiskusi terkait pemberontakan dan kerangka untuk memulai kembali pembicaraan damai dengan kelompok-kelompok Muslim di Patani.

Rahim juga akan bertemu dengan pejabat pemerintah lainnya, tokoh masyarakat dan agama, anggota kelompok sipil dan dosen di kampus Pattani University of Prince of Songkhla University.

Selama briefing, militer Thailand melaporkan insiden kekerasan di Thailand kini mulai menurun dan jumlah korban juga kian sedikit.

Awal tahun ini, Mara Patani menolak untuk mengadakan pembicaraan dengan pihak Thailand karena mereka menunggu pemerintahan baru dilantik.

Sejak 2004, konflik bersenjata di empat provinsi di selatan Thailand telah menewaskan 7.000 jiwa.

Pada 2013, Thailand pertama kalinya menandatangani perundingan damai bersama Barisan Revolusi Nasional (BRN) Melayu Patani, salah satu gerakan pembebasan kemerdekaan Patani, yang diwakili Hasan Thoiyib.

Perundingan pada waktu itu ditengahi oleh pemerintah perdana menteri Malaysia Najib Abdul Razak.

Namun, perundingan antara BRN dan Pemerintah Thailand berhenti pada 2014 karena kekacauan kudeta militer yang dipimpin Prayuth Chan-ocha terhadap pemerintahan Yingluck Shinawatra.

Prayut Chan-ocha kembali memperbarui proses perundingan yang hampir melahirkan zona aman antara kedua pihak.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA