Duterte minta militer tangani acara internasional setelah Sea Games kacau balau

Dia sangat kecewa dengan atlet asing yang harus menunggu berjam-jam di bandara dan di lobi hotel

Duterte minta militer tangani acara internasional setelah Sea Games kacau balau

Presiden Filipina Rodrigo Duterte akan menunjuk militer untuk menjadi penyelenggara acara internasional berikutnya, setelah penyelenggaraan Sea Games 2019 ini dinilai berantakan, Kamis.

"Lain kali, untuk hal-hal ini, militer akan menanganinya karena militer struktural," kata Duterte saat wawancara media seperti dilansir Rappler.

“Semua ini harus ditangani oleh orang-orang militer. Mereka adalah organizer yang lebih baik karena seluruh Angkatan Bersenjata adalah satu organisasi besar dan mereka dilatih untuk berpikir struktural, ”tambah dia.

Duterte kemudian mengklarifikasi bahwa dia ingin "perencana" di militer, bukan prajurit, untuk mengambil alih penyelenggara acara internasional di masa depan.

Militer, katanya, akan lebih mungkin mengantisipasi kejadian tak terduga dan menemukan solusi yang efisien, dibandingkan dengan organisasi sipil.

Duterte mengatakan bahwa di antara kekacauan SEA Games, dia paling kecewa dengan atlet asing yang harus menunggu berjam-jam di bandara dan di lobi hotel.

Presiden sering mengandalkan militer, baik prajurit yang aktif maupun prajurit yang sudah pensiun, untuk mengambil alih operasi pemerintah tertentu.

Pada 2018, dia mengumumkan pengambilalihan Biro Pabean oleh militer. Dia juga memerintahkan militer melakukan pengejaran polisi yang memasuki kasino.

Pada kabinetnya, delapan pejabat adalah pensiunan jenderal militer. Jumlah mantan polisi atau jenderal militer di kabinetnya telah tiga kali lipat sejak dia memulai masa kepresidenannya pada 2016.

Dia telah menunjuk setidaknya 46 pensiunan polisi dan militer ke dalam jabatan pemerintahan sipil.

Dalam pidatonya pada Kamis, Duterte mengumumkan bahwa dia berencana menunjuk seorang jenderal pensiunan militer ke pos yang kosong di Perusahaan Minyak Nasional Filipina.

Dia kemungkinan merujuk pada jabatan CEO PNOC-Exploration Corporation. Bulan lalu, dia memecat Pedro Aquino Jr dari posisi itu.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA