Putra Mahkota Johor minta Malaysia, Singapura capai kesepakatan bersama

"Saya berharap kedua negara dapat menemukan solusi yang merupakan win-win solution untuk kemakmuran bersama," kata Putra Mahkota Johor Ismail Sultan Ibrahim

Putra Mahkota Johor minta Malaysia, Singapura capai kesepakatan bersama

JAKARTA

Putra Mahkota Johor Ismail Sultan Ibrahim berharap Malaysia dan Singapura bisa mencari “win-win solution” di tengah sengketa atas wilayah udara dan perairan teritorial, lansir Channelnews Asia pada Jumat.

"Saya berharap kedua negara dapat menemukan solusi yang merupakan win-win solution untuk kemakmuran bersama dan tidak terlibat dalam konflik yang tak perlu," tulis dia melalui akun Facebook pribadinya.

Dia lalu menampilkan fotonya diapit dua pria - satu dari Singapura dan satu lagi dari Malaysia.

"Saya berada di tengah antara Singapura dan Malaysia. Kami bertiga adalah teman baik, bekerja dengan baik di organisasi yang sama," tambahnya.

Ketegangan antara Singapura dan Malaysia telah meningkat di atas wilayah udara dan perbatasan maritim.

Malaysia sebelumnya memprotes penerbitan Instrument Landing System (ILS) oleh Singapura karena dinilai melanggar jalur penerbangan Bandara Seletar dan operasi pelayaran di Pasir Gudang.

Singapura telah menolak klaim Malaysia dan menegaskan ILS sudah dijalankan sesuai prosedur guna membuat peraturan keselamatan lebih jelas dan transparan.

Perselisihan kemudian meluas terkait batas maritim di perairan Johor Bahru di mana Malaysia dianggap telah memperpanjang batas laut melewati kedaulatan Singapura.

Malaysia telah mengusulkan untuk mengadakan pertemuan luar biasa dengan Singapura untuk membahas wilayah udara dan masalah batas maritime pada 9 Januari mendatang.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA