Peringati 40 tahun revolusi, Iran beri remisi

Pemimpin tertinggi Iran memiliki hak konstitusional untuk berikan remisi pada libur nasional

Peringati 40 tahun revolusi, Iran beri remisi

TEHERAN

Hakim tinggi Iran pada Senin mengumumkan rencana untuk memberikan pengampunan kepada 50.000 tahanan bulan ini untuk menandai ulang tahun ke-40 Revolusi Islam Iran.

Sadeg Larijani, kepala Mahkamah Agung Iran, sebagaimana dikutip oleh media lokal permintaannya untuk memberikan pengampunan telah diterima oleh Ali Khamenei, pemimpin tertinggi Iran.

Ketika ditanya apakah pengampunan akan diberikan kepada "tahanan politik", Larijani mengatakan: "Sayangnya, ada beberapa pihak yang mempolitisir isu ini dan mengatakan akan lebih baik bila pengampunan juga diberikan kepada "tahanan politik" -- tapi Iran tidak akan melakukannya."

"Pihak lain mengatakan pengampunan juga mencakup kepada mereka yang mengkritik [kebijakan pemerintah]," tambah dia. "Tapi ini adalah kabar bohong kalau ada yang ditahan karena mengkritik pemerintah. Pengadilan tidak pernah menghukum mereka yang melakukan kritik."

Mengacu kepada konstitusi Iran, pemimpin tertinggi memiliki hak untuk memberikan pengampunan dalam rangka libur nasional dan festival keagamaan.




TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA