Pence beri dukungan ke Guaido via telepon

Wall Street Journal melaporkan bahwa langkah AS mengakui Guaido sebagai presiden Venezuela telah direncanakan sejak lama

Pence beri dukungan ke Guaido via telepon

WASHINGTON

Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence menelepon pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido pada malam sebelum AS mengakui Guaido sebagai presiden sementara.

Menurut seorang sumber yang dikutip oleh The Wall Street Journal, Pence menjanjikan dukungan negaranya untuk Guaido, jika pemimpin Majelis Nasional Venezuela itu mengambil kendali pemerintah dari Presiden Nicolas Maduro.

Pence menghubungi Guaido setelah Washington mengembangkan rencana rahasia selama beberapa pekan sebelumnya, yang kemudian disertai dengan perundingan antara pejabat AS, sekutu, anggota parlemen, dan tokoh-tokoh oposisi utama Venezuela, termasuk Guaido sendiri.

Sumber itu menyebutkan bahwa Venezuela menjadi salah satu perhatian utama kebijakan luar negeri Presiden AS Donald Trump sejak dia menjabat.

Pada Rabu, Guaido menyatakan pemerintah Maduro tidak sah dan mengumumkan keinginannya sebagai pemimpin sementara.

Pengumuman itu diikuti oleh pernyataan dari Trump yang mengakui Guaido sebagai presiden baru.

Argentina, Kanada, Chili, Kolombia, Kosta Rika, Ekuador, Guatemala, Panama, dan Paraguay mengikuti jejak AS, sementara Bolivia dan Meksiko masih mengakui Maduro.

Pada 15 Januari, Pence juga menghubungi Guaido dan menawarkan dukungan tegas AS ke Majelis Nasional sebagai satu-satunya badan demokratis yang sah di Venezuela.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA