Pejabat PBB akan kunjungi Turki untuk penyelidikan kasus Khashoggi

Agnes Callamard akan memimpin penyelidikan internasional atas pembunuhan jurnalis Saudi itu dan melaporkan temuannya ke Dewan HAM PBB

Pejabat PBB akan kunjungi Turki untuk penyelidikan kasus Khashoggi

Seorang pejabat PBB untuk urusan eksekusi di luar proses hukum akan mengunjungi Turki pada pekan depan untuk penyelidikan internasional atas pembunuhan Jamal Khashoggi di Istanbul pada Oktober lalu, seorang staf PBB mengatakan kepada Anadolu Agency, Kamis.

"Agnes Callamard, pelapor khusus PBB untuk eksekusi di luar proses hukum atau sewenang-wenang, akan berada di Turki dari 28 Januari hingga 2 Februari untuk melakukan penyelidikan," kata staf yang meminta tidak disebutkan namanya karena pembatasan berbicara kepada media.

Callamard akan memimpin penyelidikan internasional atas pembunuhan jurnalis Saudi tersebut, yang dibunuh Oktober lalu di Konsulat Saudi di Istanbul.

"Temuannya akan dilaporkan ke Dewan Hak Asasi Manusia PBB pada Juni," sumber itu menambahkan.

Sebelumnya pada Kamis, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu menegaskan bahwa Turki sedang melakukan penyelidikan transparan pada kasus ini dan bahwa penting untuk mengekspos para pelaku dalam pembunuhan tersebut.

Mengutip pernyataan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang menyerukan penyelidikan internasional atas kasus ini, Cavusoglu mengatakan Callamard akan mengunjungi Turki pada akhir Januari.

Khashoggi, seorang kontributor Washington Post, terbunuh di Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018.

Setelah memberikan berbagai penjelasan yang bertentangan, Arab Saudi mengakui bahwa dia terbunuh di dalam gedung konsulat, menuding tindakan itu merupakan bagian dari operasi rendisi yang gagal.

Turki meminta ekstradisi warga Saudi yang terlibat dalam pembunuhan tersebut serta hasil penyelidikan yang lebih lengkap soal pembunuhan itu dari Riyadh.



TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA