MIKTA dorong pelibatan masyarakat sipil dalam perdamaian Korea

Masyarakat Indonesia telah menunjukkan dukungan bagi perdamaian Korea dalam Asian Games 2018

MIKTA dorong pelibatan masyarakat sipil dalam perdamaian Korea

YOGYAKARTA

Forum lima negara Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia (MIKTA) mendorong pelibatan masyarakat sipil untuk mendukung perdamaian di Semenanjung Korea.

Usulan tersebut mengemuka dalam Pertemuan Kementerian Luar Negeri MIKTA ke-14 di Yogyakarta pada Kamis.

Wakil Menteri Luar Negeri RI Abdurrahman Mohammad Fachir menyampaikan pelibatan masyarakat sipil akan membantu perdamaian di Semenanjung Korea.

Langkah itu, kata Fachir, telah ditunjukkan masyarakat Indonesia dalam menyambut kontingen gabungan Korea Utara dan Korea Selatan di Asian Games 2018.

“Jadi ini bagaimana menjaga momentum itu agar bisa dilakukan di tingkat akar rumput,” ujar Fachir.

Fachir menegaskan Indonesia mendukung upaya yang dilakukan Korea Selatan dalam menginisiasi dialog dengan Korea Utara.

Dalam forum MIKTA, kata Fachir, Korea Selatan juga memaparkan perkembangan terkini terkait upaya damai yang dilakukan kedua negara.

“Mereka mengupdate perkembangan dialog antara Korea, termasuk dialog antara Korea Utara dan AS yang akan dilanjutkan pada Februari ini,” kata Fachir.

Forum kerja sama MIKTA yang terdiri dari Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki dan Australia pertama kali digagas pada pertemuan informal Menteri Luar Negeri G20 di Los Cabos, Meksiko, pada Februari 2012.

MIKTA resmi berdiri pada 2013 setelah pertemuan pertama para Menteri Luar Negeri MIKTA di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York.

MIKTA bertujuan mendukung penguatan tata kelola pemerintahan global dan berupaya mencari solusi dengan menjaga kerangka kerja sama multilateral, serta berkontribusi positif dalam mengatasi berbagai permasalahan dunia.

Sebagai forum middle power, MIKTA berperan sebagai pembangun jembatan antara negara-negara berkembang dan maju.

Pertemuan MIKTA dikoordinasikan secara bergantian oleh negara ketua untuk periode satu tahun yakni Meksiko pada 2013-2014, Korea Selatan 2014-2015, Australia 2015-2016 dan Turki 2017, dan Indonesia 2018.

Meksiko secara resmi menjabat kursi Ketua MIKTA pada 2019.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA